Header Ads

PENDIDIKAN PANCASILA MATERI KE 1 "LANDSAN PANCASILA" PPT DONWLOAD

 

Assalamualaikum Wr Wb

                Hallo sobat INC untuk konten hari ini saya akan sedikit menshare materi kuliah tentang Pendidikan Pancasila Untuk jenjang mahasiswa yang emang selalu ada , oke langsung saja yah ketopiknya.

Nah untuk pertemuan pertama itu diberikan materi yang yang berkaitan tentang LANDASAN PANCASILA  dalam pembahasannya itu ada ini merupakan materi pertemuan pertama akan ada materi materi selanjutnya


Tujuan Pendidikan pancasila

TUJUAN MEMPELAJARI PANCASILA

SEJARAH TERBENTUKNYA PANCASILA

ARTI PANDANGAN HIDUP

BENTUK SUSUNAN KEST.SILA-SILA PANCASILA

ISI ARTI PANCASILA

PERAN KEPEMIMPINAN DALAM PELAKSANAAN PANCASILA


    Untuk selanjutnya kita masuk ke poinnya yaitu Landasan Pendidikan Pancasila

A. Landasan Historis 

    Secara historis  bahwasanya setiap sila dalam  pancasila berasal dari bangsa Indonesia sendiri, dari berbagai causa materialis pancasila,dan dari berbagai filosofi kehidupan bangsa Indonesia.


B. Landasan Yurisid

    UU no 2 Tahun 1989 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 39, Bahwa isi kurikulum setiap jenis, jalur, jenjang wajib memuat Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan.

    Rambu Rambu mata kuliah pancasila : Segi Historis, ketatanegaraan, kehidupan berbangsa dan bernegara juga dikembangkan etika politik. Pengembangan rambu -rambu tersebut di harapkan agar mahasiswa dapat mengambil sikap sesuai dengan hati nuraninya. mengenai masalaha hidup terutama kehidupan rakyat, mengenali perubahan serta mampu memakai peristiwa sejarah , niali nilai budaya demi kesatuan bangsa 

C. Landasan Filosofis

    Pancasila adalah sebagai dasar filsafat negara dan pandangan filosofi bangsa Indonesia, oleh karena itu sudah merupakan suatu keharusan moral untuk secar konsisten merealisasikannya dalam semua aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Atas dasar pengertian filosofis tesebut maka dalam hidup bernegara nila-nilai  Pancasila merupakan dasar filsafat negara. Konsekuensinya dlm setiap aspek penyelenggaraan negara harus bersumber pada nilai-nilai Pancasila termasuk sistem per UU.


TUJUAN PENDIDIKAN PANCASILA

  • Agar mahasiswa dapat memahami,menghayati & melaksanakan (mengamalkan) Pancasila & UUD ’45
  •  Menguasai pengetahuan & pemahaman tentag beragam masalah kehidupan bermasyarakat, berbangsa & bernegara yang diatasi berdasarkan Pancasila
  • Memupuk sikap & perilaku yg sesuai dengan nilai-nilai dan norma-norma Pancasila


TUJUAN LAINNYA 
  • Menghasilkan peserta didik yg beriman kepada Tuhan YME, dg sikap dan perilaku :

  1. Memiliki kemampuan utk mengambil sikap yg bertanggungjwb sesuai dg hati nuraninya;
  2. Memiliki kemampuan utk mengenali mslh hdp & kesejahteraan serta cara-cara pemecahannya, 
  3. Mengenali perubahan-perubahan  & perkembangan iptek, seni,  
  4. Memiliki kemampuan utk memaknai peristiwa sejarah dan nilai2 budaya bangsa utk menggalang persatuan Indonesia.

PENTINGNNYA MATA KULIAH PANCASILA
    
    Yaitu dapat memperkokoh jiwa kebangsaan mahasiswa sehingga menjadi dorongan pokok dan bintang penunjuk jalan bagi calon pemegang tongkat estafet kepemimpinan bangsa di berbagai bidang dan tingkatan, selain itu tdk mudah terpengaruh oleh paham-paham asing yang dpt mendorong untuk tidak dijalankannya nilai-nilai Pancasila. 
    Pentingnya pendidikan Pancasila adalah untuk menjawab tantangan dunia dengang mempersiapkan warga negara yang mempunyai pengetahuan, pemahaman, penghargaan, penghayatan, komitmen dan pola pengamalan Pancasila.
    Adapun penyampaiannya ada 2 yaitu 

*Bila diadakan Penataran P4 dimaksud membentuk manusia bermoral Pancasila & mampu merealisasikan dalam  kehidup sehari-hari. (dulu)
*Kuliah Pancasila : memberikan dasar-dasar ilmiah/transformasi nilai-nilai Pancasila melalui pengembangan penget secara ilmiah




TRANSFORMASI PENGETAHUAN PANCASILA

Harapan dari setiap pembelajaran adalah Transformasi pengetahuan harus memenuhi syarat-syarat :

  1. Berobjek
  2. Mermetode
  3. Bersistem
  4. Bersifat universal

            ( mnrt. Ir. Poedjowijatno)

1.Berobjek: bagi suatu penget yang memenuhi syarat ilmiah adalah bahwa semua ilmu pengetahuan itu harus memiliki objek, termasuk Pancasila dibedakan : objek forma & objek materi.
Objek formal : Pancasila dibahas dari berbagai sudut pandang (exp. moral Pancasila, Ekonomi Pancasila) 
Objek materia:Pancasila adalah merupakan hasil budaya bahasa Indonesia, pancasila adalah bangsa Indonesia dengan segala aspek budaya, bermasyarakat, berbangsa & bernegara.

2. Bermetode: setiap ilmu pengetahuan harus bermetode, cara/sistem pendekatan dalam rangka pembahasan pancasila  untuk mendapat kebenaran yang bersifat objektif

3. Bersistem : suatu pengetahuan ilmiah harus merupakan suatu yang bulat dan utuh. Bagian- bagian dari pengetahuan ilmiah harus merupakan suatu kesatuan, antara bagian-bagian itu saling berhubung, baik berupa hubungan interelasi  (saling terhubung), maupun interdependensi (saling ketergantungan).

4.Bersifat universal: kebenaran ilmu pengetahuan harus bersifat  universal, artinya kebenarannya tidak terbatas oleh waktu, ruang, keadaan, situasi dan kondisi maupun jumlah tertentu.


TUJUAN MEMPELAJARI PANCASILA
    Ingin mengetahui pancasila yang benar, yakni dapat dipertanggung jawabkan, baik secara yuridis konstitusional maupun secara obyektif ilmiah

Yuridis Konstitusional :
Karena pancasila adalah dasar Negara yang dipergunakan sebagai dasar mengatur menyelenggarakan Pemerintahan Negara.

Obyektif Ilmiah
Karena pancasila adalah suatu paham filsafat atau philosophical system, sehingga uraiannya harus logis & dapat diterima oleh akal sehat.



SUMBER YURIDIS SABAGAI DASAR NEGARA

Undang Undang Dasar 1945

n  PENGERTIAN

n  MAKNA PEMBUKAAN

n  MAKNA POKOK2 PIKIRAN

n  MAKNA ISI PASAL-PASAL

n  SISTEM PEMERINTAHAN RI

n  TUGAS & WEWENANG LEMBAGA NEGARA


        Mungkin sekian dulu untuk postingan kali ini sobat INC namun pembahsan mengenai pancasula ini akan berlanjut karena inihanya materi pertemuan satu , dan untuk materi PPTnya bisa di download

       DI SINI

    Terima kasih banyak sobat INC semoga membantu dan jika ada yang bermasalah dengan linknya bisa di komen dibawah. dan materi ini saya dapatkan dari Bapak  H. EDY SULISTIYANTO, SH;MKom

 Maupun untuk materi selanjutnya bisa dilihat disini 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.