Header Ads

AGAMA MATERI 2 "KONSEP KETUHANAN DALAM ISLAM" download ppt

  Assalamualaikum Wr Wb

   Hallo sobat INC untuk postingan kali ini saya akan sedikit berbagi materi kuliah tentang Pendidikan Agama untuk jenjang perguruan tinggi, karena memang dalam setiap tingkat pembelajaran selalu dibahas, untuk itu  langsung saja  ke topiknya.

    Nah untuk pertemuan pertama ini  diberikan materi yang yang berkaitan tentang "KONSEP KETUHANAN DALAM ISLAM" dalam pembahasannya itu ada beberapa uraian. Ini merupakan materi kesatu akan ada materi materi selanjutnya.


    KONSEP KETUHANAN DALAM ISLAM

Pentingnya Iman Kepada Tuhan
  • Menemukan Tuhan
Filsafat Ketuhanan dalam Islam
  • Ilah = obyek yang dibesarkan atau dipentingkan manusia (al Jatsiyah 45 : 23) 
  • Perkataan Ilah dipakai oleh Fir’aun untuk dirinya sendiri (al Qashash 28 : 38)
  • Jadi kata Ilah bisa berarti benda baik abstrak (nafsu/keinginan pribadi) maupun nyata (Fir’aun yang dipatuhi dan dipuja)
  • Ilaahun, ilaahaini, aalihatun
  • Ibnu Taimiyah : al Ilah : yang dipuja dengan penuh kecintaan hati, tunduk kepada-Nya, merendahkan diri dihadapan-Nya, takut, dan mengharapkan-Nya. Kepada-Nya tempat berpasrah ketika berada dalam kesulitan, berdoa, dan bertawakkal kepada-Nya untuk kemaslahatan diri, meminta perlindungan dari pada-Nya, yang menimbulkan ketenangan di saat mengingat-Nya dan terpaut cinta kepada-Nya.
Sejarah Pemikiran Manusia Tentang Tuhan
  • Pemikiran Barat
  1. Dinamisme
  2. Animisme
  3. Monotheisme
  4. Henotheisme
  5. Politheisme
Pemikiran Umat Islam
  1. Mu’tazilah
  2. Qadariah
  3. Jabariyah
  4. Asy’ariyah dan Maturidiah

Tuhan Menurut Agama-agama Wahyu
  • Pengkajian tentang Tuhan yang hanya didasarkan atas pengamatan dan pengalaman serta pemikiran semata tidak akan pernah mencapai kebenaran hakiki.
  • Harus didasarkan pada al Qur’an sebagai sumber utama

Mungkin sekian dulu untuk postingan kali ini sobat INC namun pembahasan mengenai pancasila ini akan berlanjut karena inihanya materi pertemuan dua , dan untuk materi PPTnya bisa di download

       ---->((  DI SINI )) <----

 

Terima kasih banyak sobat INC semoga membantu dan jika ada yang bermasalah dengan linknya bisa di komen dibawah. dan materi ini bersumber dari Bapak  ERI NURSOFI'I, MA 





Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.