Header Ads

PENGANTAR MANAJEMEN MATERI 4 "MANAJEMEN & BADAN USAHA" Download Pdf

Assalamualaikum Wr Wb

   Hallo sobat INC untuk postingan kali ini saya akan sedikit berbagi materi kuliah tentang PENGANTAR MANAJEMEN untuk jenjang perguruan tinggi, karena memang dalam setiap tingkat pembelajaran selalu dibahas, untuk itu  langsung saja  ke topiknya.

   Untuk pertemuan KEEMPAT ini  diberikan materi yang yang berkaitan tentang "MANAJEMEN & BADAN USAHA" dalam pembahasannya itu ada beberapa uraian. Ini merupakan materi kesatu akan ada materi materi selanjutnya.



Standar konpetensi

Memahami manajemen Bahasa IUsaha dalam perekonomian Nasional


Kompetemsi Dasar

  • Menjelaskan unsur unsur manajemen
  1. Mendeskripsikan Pengertian Manajemen.
  2. Mengindentifikasi tingkat-tingkat Manajemen.
Materi Ajar
  1. Pengertian manajemen
  2. Jenjang Manajemen
Manajemen
  • Manajemen Perusahaan 
  • Manjemen Pemerintahan
  • Manejemen Sekolah
  • Manajemen Kalbu
  • Manajemen Pembangunan
A. Penegrtian Manajemen
  1. Menurut G.R. Terry dalam Bukunya The Principles of Scientific Management, manajemen adalah usaha untuk mendapatkan tujuan yg telah ditetapkan terlebih dahulu dengan mempergunakan kegiatan orang lain. 
  2. Menurut S.P. Hasibuan, manajemensebagai ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan SDM dan sumber daya lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan. 
  3. Secara umum, manajemen adalah kegiatan-kegiatan perencanan, pengorganisasian, pengararan, dan pengendalian sebuah perusahaan/ BU untuk mencapai tujuan-tujuan yg telah ditetapkan sebelumnya. Pelaksana manajemen tersebut disebut Manajer
*Untuk mempermudah mengingat pengertian manajemen dibutuhkan suatu deskripsi yg singkat dan mudah dimengerti.

Deskripsi manajemen dapat dibuat,dg perlu mengetahui empat hal sbb: 
  1. Manajemen reat kaitannya dengan proses pemanfaatan SDM dan SDA lain.
  2. Ketersediaan sumber daya juga harus terpenuhi.
  3. Ada tujuan yang jelas untuk apa sumber daya tersebut digunakan
  4. Penggunaan sumber daya tsb. Haruslah efektif dan efisien
Syarat Menjadi Manajer
  1. Sehat jasmani dan rohani 
  2. Mempunyai stabilitas emosi, daya ingat dan kesehatan yg tinggi, kemampuan menganalisis serta intuisi yg kuat 
  3. Mempunyai tingkat intelegensia yang tinggi, penampilan yg tenang dan menyakinkan, kreativitas yg tinggi dalam bidang atau kegiatan yg ditanganinya.
  4. Mampu berpikir secara abstrak, menciptakan kerja sama dan saling pengertian serta berkomunikasi dengan baik.
Manajemen sebagai Ilmu, Seni, dan Profesi
    Manajemen telah diakui sebagi ilmu dan seni. Namun manajemen merupakan bagian dari ilmu sosial. Hal ini terbukti pengetahuan mengenai manajemen dapat dipelajari dan ketrampilan dalam mengaplikasikannya dpt dilatih. Contoh penerapan manajemen banyak dilakukan di bidang pendidikan (MBS), pemerintah, militer, dan badan usaha.

B. Tingkatan Manajemen
  Menurut Dr. S.P. Siagian MPA, di dalam setiap organisasi terdapat tiga tingkatan kelompok pimpinan




Kegiatan Manajer dapat dibedakan menjadi 4 
  1. Board of Manager adalah yg memimpin organisasi atau perusahaan scr keseluruhan
  2. President manager adalah yg memimpin para manajer agar terdapat suatu tem work
  3. Devision heads dalah yg memimpin pekerja di berbagi bidang.
  4. Superintendent, general foremen dan foremen adalah yg memimpin para pekerja agar melaksanakan pekerjaannya sesuai dengan tujuan perusahaan.

Bagan : komposisi kerja manajer


a. Ketrampilan Konseptual
    Manajer pada tingkat atas (top manajer) harus memiliki ketrampilan untuk membuat konsep, ide, dan gagasan demi kemajuan perusahaan.
b. Ketrampilan Kemanusiaan
    Adalah ketrampilan bekomunikasi atau berhubungan dengan orang lain
c. Ketrampilan Teknis 
    Adalah ketrampilan untuk menjalankan suatu pekerjaan tertentu, misal. Memperbaiki mesin, membuat kursi dan ketrampilan teknis lainnya.


Unsur-unsur Manajemen
    Dalam manajemen untuk mencapai tujuan diperlukan alat-alat atau sarana-sarana yg disebut sumber-sumber atau unsur-unsur manajemen.
    Unsur manajemen merupakan bagian yg penting dan mutlak harus disediakan pada suatu
kegiatan.
    Alat/ sarana ( unsur manajemen) untuk mencapai tujuan yaitu : man, money, materials,
machines, methods, dan markets ( 6 M ).


Prinsip-Prinsip manajemen menurut Henry Fayol
a. Pembagian kerja yg berimbang ( Division of work)
b. Pemberian wewenang dan tanggung jawab (Authority and Responsibility)
c. Disiplin (Dicipline)
d. Kesatuan Perintah ( unity of Command)
e. Kesatuan arah (Unity of direction)
f. Mendahulukan kepentingan umum di Atas kepentinag Pribadi (Subordination of Individual interest to general Interest)
g. Penggajian (Payroll)
h. Pemusatan wewenang (Centralization)
i. Jenjang Bertangga (Hierarchie)
j. Tata Tertib
k. Keadilan (Egnity)
l. Prakarsa (inisiative)
m. Solidaritas (Esprit de Corp)


Fungsi Manajemen
    Fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yg selalu ada dan melekat dalam proses manajemen yg akan dijadikan acuan oleh manajer dlm melaksanakan tugas untuk mencapai tujuan.
    Fungsi manajemen terdiri dari ABCDEFLMOPS, yaitu Actuating (penggerakan), Budgeting (menganggarkan) Commanding, Comunication, Coordinating, Controlling, Directing (pemberian petunjuk), Evaluating, Forecasting (peramalan) Leading, Motivating, Organizing, Planning, dan Staffing( susunan kepegawaian)


Fungsi manajemen menurut G.R. Terry adalah :
a. Planning (Perencanaan)
b. Organizing (Pengorganisasian)
c. Actuating (Menggerakkan)
d. Controlling (Pengawasan)

a. Planning ( Perencanaan )
• Kegiatan pertama seorang manajer adalah menyusun rencana. Menyusun rencana berarti memikirkan apa yg akan dikerjakan dg sumber daya yang dimiliki.
• Planning (perencanaan) efektif harus dapat memenuhi formula 5W + 1 H, yaitu sbb:
1. What ( apa yg hendak dicapai ? ).
2. Why ( mengapa hal tsb perlu dilakukan ? ).
3. Where ( dimana hal tersebut dilakukan ? ).
4. When ( kapan hal tsb akan dilaukan ? ).
5. Who ( siapakan yg akan melakukan ? ).
6. How ( bagaimana cara melakukannya? ).


Manfaat Perencanaan :
1) Mengimbangi dari ketidakteraturan dari perubahan.
2) Memusatkan perhatian pd sasaran.
3) Memperoleh pengelolaan yg ekonomis dan efektif.
4) Memudahkan pengawasan
5) Mendorong orang memberikan prestasi
6) Mengukur hasil yg dicapai seseorang
7) Membantu seorang manajer mencapai status

b. Pengorganisasian (Organizing)
    Seorang manajer harus mampu melaksanakan proses organizing yg sesuai dg rencana atau petunjuk pelaksanaan kerja.
Proses organizing yg lazim digunakan sbb:
  1. Membagi pekerjaan yg akan dilakukan, menetapkan tugas- tugas, dan tanggung jawab.
  2. Membetuk susunan jabatan dan peranan dengan pemberian nama.
  3. Membentuk sistem-sistem kekuasaan dan status formal.
  4. Membentuk struktur organisasi untuk melakukan komunikasi internal.
    Salah satu tugas penting organisasi adalah menciptakan hubungan yg harmonis dlm suatu kelompok yg terdiri dari berbagai individu dan berbagai macam kepentingan.


Bentuk-bentuk sturktur Organisasi
1) Organisasi Garis ( diciptakan oleh Henry Fayol)

Ciri-ciri Organisasi Garis sbb:
1. Organisasi masih kecil. Praktis, dan sederhana
2. Jumlah karyawan sedikit.
3. Pimpinan dan semua karyawan saling mengenal
4. Spesialisasi belum tinggi.
5. Hanya mengenal satu komando
6. Garis komando dari atas ke bawah, sebaliknya tanggung jawab dari bawahan ke atas

2) Organisasi garis dan staf
(Diciptakan oleh Harrington Emerson)


Ciri-ciri Organisasi garis dan staf sbb:
1. Dipergunakan dalam organisasi yang bersifak komplek.
2. Daerah kerjanya luas, karyawannya banyak
3. Ada dua kelompok karyawan, yaitu kelompok staf sebagai penasihat dan kelompok garis sebagai pelaksana
4. Mempunyai bidang-bidang yg beraneka
ragam dan rumit

3) Organisasi Fungsional



c. Menggerakkan (Actuating)
1. Actuating
    Adalah suatu tindakan menggerakkan orang-orang agar mau bekerja dg sendirinya atau penuh kesadaran scr bersama-sama untuk mencapi tujuan yg dikehendaki scr efektif. Dalam hal ini dibutuhkan kepemimpinan
(Leadership).
2. Leadership
    Leadership adalah kemampuan untuk mempengaruhi orang lain agar mau bekerja dg tulus shg pekerjaan berjalan lancar dan tujuan dapat tercapai.
    Dalam menggerakkan karyawan, seorang pemimpin harus memmiliki pendekatan yg khas. Olek karena itu seorang pemimpin diharapkan dapat berkomunikasi, memberikan petunjuk/nasihat, berpikir kreatif, berinisiatif, serta memberikan stimulus kepada karyawan.

Beberapa hal yg dibutuhkan dlm memimpin sbb :
1. Komunikasi, artinya usaha seseorang untuk menumbuhkan rasa saling mengerti antara dirinya dg orang lain.
a. Komunikasi ke bawah, berupa petunjuk, instruksi,ket. Umum, perintah, teguran atau pujian.
b. komunikasi ke atas, berupa laporan, keluhan, pendapat,atau saran.
c. komunikasi Harizontal, berupa pemeriksaan ulang
secara berturut-turut/ bersama-sama untuk memperoleh
persetujuan
2. Motivasi, adalah pemberian motiv (dorongan) agar karyawan bekerja sedemikian rupa shg tujuan organisasi scr efisien dapat tercapai.
3. Mengembangkan para karyawan atau kecakapan bawahan memperbaiki sikap, menambah pengetahuan, dan memupuk
keahlian bawahan.


d. Pengawasan (Controlling)
    Pengawasan merupakan tindakan seorang manajer untuk menilai dan mengendalikan jalannya suatu kegiatan.
    Tujuannya untuk mencegah atau memperbaiki kesalahan, penyimpangan, penyelewengan, dan kegiatan lainnya yg tidak sesuai dg rencana.
    Langkah dlm proses pengawasan adalah menetapkan standar dan metode pencapaian prestasi, pengukuran prestasi kerja, penetuan prestasi kerja sesuai standar, dan mengambil tindakan perbaikkan


BIDANG-BIDANG MANAJEMEN

1. Manajemen Produksi
2. Manajemen personalia
3. Manajemen Keuangan
4. Manajemen Pemasaran
5. Manajemen Perkantoran


Cara mendirikan PT
    Untuk mendirikan PT, harus dg akta resmi yg dibuat dihadapan notaris. Yg didalamnya dicantumkan antara lain, nama PT’,modal, bidang usaha, al/tempat perusahaan dan identitas perusah lainnya. Akta ini hrs disahkan oleh menteri kehakiman. Untuk mendapatkan izin dari menteri kehakiman harus memenuhi
syarat sbb:
  1. PT tidak bertentangan dengan kepentingan umum dan kesusilaan
  2. Akta pendirian memenuhi syarat yang ditetapkan undang undang.
  3. Paling sedikit saham yg sudah terjual 20% dari seluruh modal dan 10% -nya telah disetor.
Contoh :
    Modal PT sebesar Rp.20 Miliar dan setiap lembar saham bernilai Rp. 10.000,00, sedang jumlah saham sebanyak 2.000.000 lembar.Berapa modal minimal yg harus ada ?

Jawab:
Saham harus terjual 20% = 20% x 2.000.000 = 400.000 lembar Modal minimal yg harus ada
 = 10% x (400.000 x Rp. 10.000,00) = Rp. 400.000.000
Setelah mendapat pengesahan, PT harus didaftarkan di Pengadilannegeri setempat. Selanjtnya, diumumkan dalam BNRI.


Kebaikan PT
a) Mudah mendapatkan modal dengan cara menjual saham
b) Pemimpinya mudah diganti apabila kurang cakap
c) Kelangsungan usaha tidak tergantung pada pemimpin
d) Mudah mendapatkan kredit dari bank.
e) Karena sahamnya mudah diperjualbelikan, perseroan dapat menjual sahamnya apabila membutuhkan modal.
f) Tanggung jawab pemilik perusahaan terbatas
g) Pengelolaan modal secara efektif dan efisien shg mudah melakukan ekspansi.


Kekurangan PT
a) Tanggung jawab yg terbatas, cenderung mendorong tindakan pengurus menjadi ceroboh
b) Sahamnya yg mudah diperdagangkan mengakibatkan timbulnya spekulasi
c) Deviden yg diterima pemegang saham dikenakan pajak shg mengurangi pendapatan
d) Kurang terjaminnya rahasia perusahaan
e) Biaya organisasi besar dan pengorganisasiannya lebih rumit
f) Biaya pendirian badan usaha besar

Badan Usaha swasta Asing
    Badan usaha asing di Indonesia diatur berdasarkan Undang- Undang No. 1 tahun 1967 tentang Penanaman Modal Asing yang mengatur mengenai penanaman modal langsung. Penanaman modal langsung ini harus berbadan hukum, yaitu perseroan terbatas yang tunduk pada hukum Indonesia.
    Bidang usaha dalam penanaman langsung dibatasi, tidak boleh bidang usaha yang menguasai hajat hidup orang banyak dan penting bagi negara, misalnya minyak, harus dilakukan daklam bentuk kerja sama dengan pemerintah atas dasar kontrak kerja.. Sedangkan dalam bidang-bisdang lain harus ditentukan oleh pemerintah, yaitu dapat berwujud kontrak kerja, joint venture, lisensi, atau bentuk kerja sama lainnya.


    Untuk melaksanakan amanat UUD 1945 pasal 33 ayat 2 dan 3 negara mendirikan badan Usaha yg bergerak dibidang kepentingan umum (BUMN) dg acuan sbb:
  1. BUMN Merupakan salah satu pelaku kegiatan ekonomi dalam perekonomian nasional berdasarkan demokrasi ekonomi.
  2. BUMN Memiliki peranan penting dalam penyelenggaraan perekonomian nasional berdasarkan demokrasi ekonomi.
  3.  Untuk mengoptimalkan peran badan usaha miliki negara, pengurusan, dan pengawasannya harus dilakukan secara profesional.
Tujuan Pendirian BUMN adalah sbb:
  1. Memberikan sumbangan bagi perkembangan perekonomian nasional pd umumnya dan masyarakat pd khususnya.
  2. Mengejar keuntungan
  3. Menyelenggarakan kemanfaatan umum berupa penyedia barang dan/atau jasa yg bermutu tinggi dan memadai tinggi bagi pemenuhan hajat hidup orang banyak. 
  4. Menjadi perintis kegiatan-kegaiatan uasaha yg belum dapat dilaksanakan oleh sektor swasta dan koperasi.
  5. Turut aktif memberikan bimbingan dan bantuan kepada pengusaha gol. Ekonomi lemah , koperasi, danmasyarakat).

e. Yayasan
    Yayasan merupakan bentuk badan usaha bukan perusahaan, sebab tidak mencari keuntungan, didirikan oleh orang-orang atau badan dengan cara memisahkan harta kekayaan pemilik dengan tujuan sosial dan memiliki badan Hukum yayasan didirikan dengan akta notaris, sama dengan badan
usaha lain yg berbentuk badan hukum. Dalam usahanya, yayasan mengumpulkan dana melalui donaturtetap maupun tidak tetap, menerima sumbangan yang tidak mengikat, hibah, dan iuran anggotanya.

BUMN atau BUMD memiliki peranan penting dalam peningkatan kemakmuran rakyat, yaitu sbb :
  1. Salah satu pelaku kegiatn ekonomi dalam perekonomian nasional untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat secara optimal.
  2. Mengemban amanat UUD 1945 pasal 33 Ayat 2 dan ayat 3 harus memberikan pelayanan dan pemenuhan kebutuhan masyarakat.
  3. Sbg mitra kerja dalam kegiatan usaha dg BUMS dan koperasi dg semangat kebersamaan.
  4. Mencegah agar cabang 2 produksi yg penting bagi negara dan yg menguasai hajat hidup orang banyak tidak dikuasai oleh BUMS.
  5. Melakukan kegiatan produksi dan distribusi sumber2 alam yg menguasai hajat hidup orang banyak supaya tdk terjadi ketidakadilan. 
  6. Sumber penghasilan mengisi kekurangan kas negara
  7. Sbg sarana untuk membuka kesempatan kerja.
  8. Penstabil perekonomian dan peningkatan pertumbuhan ekonomi nasional
Prinsip Etika Bisnis
1. Prinsip Otonomi
2. Prinsip Kejujuran
3. Prinsip Keadilan
4. Prinsip saling menguntungkan
5. Prinsip Integritas Moral
    Prinsip ini menganjurkan agar tetap menjaga nama baik perusahaan.

Mungkin sekian dulu untuk postingan kali ini sobat INC namun pembahasan mengenai PENGANTAR MANJEMEN ini akan berlanjut, dan untuk materi PPTnya bisa di download


                                                           ---->((  DI SINI )) <----


 


Terima kasih banyak sobat INC semoga membantu dan jika ada yang bermasalah dengan linknya bisa di komen dibawah. dan materi ini bersumber dari Bapak  YUDI AGUS SETIAWAN, S.S., M.M 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.