Header Ads

PENGANTAR MANAJEMEN MATERI 3 "MANAJEMEN DAN BISNIS" Download PDF

 Assalamualaikum Wr Wb


   Hallo sobat INC untuk postingan kali ini saya akan sedikit berbagi materi kuliah tentang PENGANTAR MANAJEMEN untuk jenjang perguruan tinggi, karena memang dalam setiap tingkat pembelajaran selalu dibahas, untuk itu  langsung saja  ke topiknya.

   Untuk pertemuan pertama ini  diberikan materi yang yang berkaitan tentang "PENGENALAN ILMU MANAJEMEN" dalam pembahasannya itu ada beberapa uraian. Ini merupakan materi ketiga akan ada materi materi selanjutnya.

1. MANAJEMEN


Mengapa mepelajari Manajemen ?

Jawabannya adalah

  • Suatu Organisasi
  • Kepentingan
  • Cara -cara pengelolaan organisasi

    Sebagai ilmu pengetahuan, Manajemen memiliki kerangka ilmu yang sistematis, mencakup kaidah-kaidah, konsep, prinsip yang dapat digunakan secara universal bagi semua situasi manajerial.

Manajamen
To manage →mengatur, mengurus, mengelola

Pendapat ahli
1. Mary Parker Follet
Management is the art of getting things done trough people.

2. James A.F. Stoner
Management is the process of planning,organizing, leading and controlling theeffort of organization member and usingall other organizational resources toachieve stated organizational goals.

3. Luther Gulick
    Manajemen menjadi suatu bidangpengetahuan(ilmu) yang secara sistematik berusaha memahami mengapa dan bagaimana orang bekerjasama

4. Robert L.Kats
Manajemen merupakan suatu profesi yang menuntut persyaratan tertentu.


Definisi Manajemen
    Adalah suatu proses yang terdiri darirangkaian kegiatan, seperti perencanaan,pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian/pengawasan, yang dilakukan untuk menentukan dan mencapai tujua secara efisien dan efektif dengan menggunakan SDM dan sumber daya lain.

  • Perencanaan
    Proses pemikiran kegiatan-kegiatan sebelum dilaksanakan dengan melibatkan beberapa metoda, logika, bukan hanya sekedar dugaan atau firasat melainkan pengambilan keputusan secara ilmiah
  • Pengorganisasian
    Proses mengkoordinasikan sumber-sumber daya (resources) meliputi manusia, peralatan, bahan, uang dan waktu. Pada tahap ini dilakukan penentuan fungsi, hubungan dan struktur. Fungsi berupa tugas-tugas yang dibagi dalam bentuk garis, staf dan fungsional.
  • Pengarahan
Proses memberikan arahan, prosedur kerja bagi karyawan agar dapat melaksanakan pekerjaan dengan cara yang paling baik, serta menciptakan iklim kerja yang kondusit bagi terlaksananya aktivitas yang telah ditetapkan
  • Pengawasan
Proses pembenaran apabila aktivitas melenceng dari tujuan organisasi. Sehingga proses ini diharapkan mampu menjamin keberlangsungan organisasi mencapai tujuannya dan keefektifan manajemen dapat terukur
  • Efisiensi
Menyangkut masukan dan keluaran. “do the things right” melakukan segala sesuatunya secara tepat

Model Manajemen
  1. Model P-I-E (Planning, Implementation & Evaluation). Model ini yang paling sederhana karena hanya meliputi 3 fungsi yaitu perencanaan, implementasi dan evaluasi sumber daya agar mencapai tujuan yang ditetapkan
  2. Model P-O-A-C (Planning, Organizing, Actuating & Controlling). Namun 1914, Henri Fayol mengatakan bahwa manajemen melaksanakan 5 fungsi : Plan, Organize, Direct, Leading, Control.
  3. Model P1-P2-P3, dimana
P1 →Perencanaan,
P2 → Penggerakan dan Pelaksanaan
P3 →Pengawasan, Pengendalian dan Penilaian

       4. Model A-R-R-I-F (Analisis, Rumusan, Rencana, Implementasi dan Forum Komunikasi). Model ini digunakan oleh organisasi yang bergerak di bidang partisipasi masyarakat
       5. Model A-R-R-I-M-E ( Analisis, Rumusan, Rencana, Implementasi, Monitoring dan Evaluasi).


BISNIS

Pendapat Ahli
    Raymond E.Glos dalam bukunya “Business : Its Nature and Environment: An
Introduction” Bisnis adalah seluruh kegiatan yang diorganisasikan oleh orang-orang yang berkecimpung di dalam bidang perindustrian dimana sebuah perusahaan atau organisasi melakukan perbaikan-perbaikan standar serta kualitas produk 

Bentuk Badan Usaha
    Untuk mengetahui siapa pelaksana dalam organisasi bisnis, perlu mengetahui bentuk badan usahanya.
    Bentuk perusahaan bisnis di Indonesia ditinjau dari segi hukum yaitu ada 7 bentuk :
  • Perusahaan Perseorangan
Perusahaan yang diawasi dan dikelola oleh seseorang, Di satu pihak pengelola memperoleh semua keuntungan perusahaan, di lain pihak juga bertanggung jawab atas semua resiko yang timbul dalam kegiatan perusahaan

  • Firma
    Suatu bentuk perkumpulan usaha yang didirikan oleh beberapa orang dengan menggunakan nama bersama. Di dalam firma semua anggota mempunyai tanggung jawab sepenuhnya baik sendiri-sendiri maupun bersama-sama terhadap perusahaan ke pihak lain. Bila terjadi kerugian, maka kerugian ditanggung bersama Jika salah satu anggota keluar, maka secara otomatis firma tersebut bubar

  • Perseroan Komanditer (CV)
    Merupakan suatu persekutuan atau organisasi yang didirikan oleh beberapa orang yang masing -masing menyerahkan sejumlah uang dengan jumalah yang tidak perlu sama.
Sekutu CV ada 2 yaitu:
a. Komplementer→ orang-orang yang bersedia untuk mengatur perusahaan sekutu.
b. Komanditer →orang -orang yang mempercayakan uangnya dan bertanggung jawab secra terbatas kepada kekayaan yang diikutsertakan dalam perusahaan.

  • Perusahaan Terbatas (PT)
    Adalaha suatu badan yang mempunyai kekayaan, hak dan kewajiban terpisah dari yang mendirikan dan memiliki. Tanda keikut sertaan seorang yang memiliki perusahaan adalah dengan memiliki saham perusahaan. Jika terjadi utang maka harta pribadi tidak dapat dipertanggung jawabkanatas utang perushaan, tetap hanya terbatas pada saham nya saja.

  • Perusahaan Negara
     Adalah jenis organisasi yang bergerak dalam bidang usaha yang modalnya secara keseluruhan dimiliki negara. Tujuan untuk membangun ekonomi nasional menuju masyarakat yang adil dan makmur.

  • Perusahaan Pemerintah yang lain
    Bentuk perusahaan yang lain di Indonesia adalah Persero, Perusahaan Umum (Perum), Perusahaan Jawatan (Perjan) dan Perusahaan Daerah dimana jenis perusahaan adalah untuk mencari keuntungan bagi negara.
  • Koperasi
    Merupakan bentuk badan usaha yang bergerak di bidang ekonomi yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya yang bersifat murni, pribadi dan tidak dapat dialihkan. Jenis organisasi ini bertujuan mensejahterakan anggota berdasarkan persamaan.


Organisasi Bisnis dan Lingkungan

KEWIRAUSAHAAN
  • Semua orang dilahirkan sama
  • Memiliki peluang yang sama
  • Pandai dan kaya
  • Setelah lulus mau kemana ? alasannya ?
Arti
  1. Proses menciptakan sesuatu yang lain dengan menggunakan waktu dan kegiatan disertai modal dan resiko serta menerima balasa jasa dan kepuasan serta kebebasan pribadi 
  2. Kemampuan melihat dan menilai kesempatan-kesempatan(peluang) bisnis serta kemampuan mengoptimalisasikan sumberdaya dan mengambil tindakan serta bermotivasi tinggi dalam mengambil resiko dalam rangka mensukseskan bisnisnya. 
Enterpreneur

    Entre⇾berasal dari kata entrependere (bahasa france) yang artinya sebuah usaha yang berani dan penuh resiko. Orang yang menciptakan pekerjaan yang berguna bagi diri sendiri. Orang yang mampu mengolah sumber daya yang ada menjadi sebuah produk yang mempunyai nilai. Mencari keuntungan dari peluang yang belum digarap orang lain.

Entrepreneur menurut Peggy&Charles(1999) harus memiliki 4 unsur pokok :
  1. Kemampuan (IQ&Skill) : dapat membaca peluang, berinovasi, mengelola, menjual 
  2. Keberanian (EQ&Mental) : mengatasi ketakutan, mengendalikan resiko, keluar dari zona kenyamanan 
  3. Keteguhan hati (motivasi diri) : ulet, pantang menyerah, teguh dalam keyakinan, kekuatan akan pikiran bahwa anda juga bisa 
  4. Kreativitas : mampu mencari peluang
    Mungkin sekian dulu untuk postingan kali ini sobat INC namun pembahasan mengenai PENGANTAR MANJEMEN ini akan berlanjut, dan untuk materi Pdfnya bisa di download

                                                           ---->((  DI SINI )) <----

 

    Terima kasih banyak sobat INC semoga membantu dan jika ada yang bermasalah dengan linknya bisa di komen dibawah. dan materi ini bersumber dari Bapak  YUDI AGUS SETIAWAN, S.S., M.M 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.