Header Ads

CONTOH LAPORAN UJI KOMPETENSI ( UJIKOM ) BAGIAN 1


Assalamualaikum Wr Wb 
     Dalam postingan kali saya akan membagikan ilmu saya tentang LAPORAN UJI KOMPETENSI  atau juga merupakan salah satu kewajiban setiap Siswa Menengah Kejuruan yang bertujuan untuk mempraktekan materi yang selama di kerjakan oleh guru disekolah langsung di lapangan. Biasanya , ada yang melakukannya pada saat kelas  XII karena merupakan salah satu syarat siswa lulus sesolah. Namun pada akhirnya siswa juga dituntut untuk membuat laporan dalam bentuk lisan maupun tulisan, yang bertujuan untuk mempertanggung jawabkan apa saja yang di kerjakan oleh siswa selama ujikom. 

CONTOH LAPORAN UJI KOMPETENSI (UJIKOM) SMK 2 GARUT BIDANG KEAHLIAN GEOLOGI PERTAMBANGAN 

Tak lupa saya juga sangat berterima kasih kepada rekan rekan saya khususnya yang membantu dalam pembuatan laporan ini adapun tim saya, 
     
Oke langsung saja berikut laporannya Semoga bermanfaat sobat ! Jika sobat ingin langsung mendownloadnya dalam bentuk RAR kumplit dengan Daftar isinya bisa langsung  Disini  (password: tazuraa


BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
1.      Geologi adalah ilmu yang mempelajari tentang bumi dan batuan sebagai penyusunnya serta sejarah dan fenomena-fenomena yang membentuknya baik secara endogen maupun eksogen. Untuk mempelajari fenomena-fenomena tersebut perlu dilakukan suatu penelitian, setelah itu caranya adalah pemetaan geologi.
2.      Untuk melatih keterampilan, maka pada semester VII (enam) ini diharuskan melakukan pemetaan geologi yang dikerjakan oleh satu kelompok yang berjumlah empat orang. Ada pun pemetaan tersebut berlokasi di desa Wadowetan dan sekitarnya, Kecamatan Bantarujeg, Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat.
3.      Pemetaan geologi ini dilakukan karena daerah tersebut memiliki kondisi geologi yang menarik untuk dipelajari, sehingga diharapkan dapat mengungkapkan proses geologi daerah tersebut dari data-data dan informasi geologi secara rinci dan lengkap, serta ditunjang dengan teori-teori geologi yang selama ini diperoleh sehingga diharapkan dapat menjelaskan kondisi geologi daerah tersebut yang dituangkan dalam bentuk peta geologi dan peta geomorfologi.
1.2  Identifikasi dan Rumusan Masalah
2.      Bagaimana keadaan geomorfologi daerah pentelitian ?
3.      Bagaimana keadaan litologi daerah pentelitian ?




1.3  Maksud dan Tujuan
Maksud dari penelitian ini adalah sebagai tugas dalam memenuhi persyaratan akademik guna menyelesaikan Uji Kompetensi Jurusan Geologi Pertambangan, SMK Negeri 2 Garut.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kondisi geologi terhadap penyebaran batuan di daerah penelitian yang dapat diketahui dari litologi (besar butir, pemilaha2n butir dan kesarangan butir,stuktur batuan dll), lingkungan pengendapan dan struktur geologi pada daerah tersebut dengan berpedoman pada kaidah ilmu geologi yang telah diperoleh selama pembelajarn di sekolah.

1.4  Geografi Umum
Gambar 1.1 Bantarujeg Kabupaten Majalengka
Daerah penelitian merupakan bagian dari zona Bogor Bagian Timur, dengan morfologi berbentuk perbukitan di sebelah Selatan dan dataran di sebelah Utara.dan berada pada titik koordinat 06º56’26,2” LS  108º16’07,6” BT.  Dan pada umumnya daerah ini merupakan daerah pebukitan baik perbukitan yang bergelombang lemah sampai bergelombang sedang. Kondisi wilayah penelitian cenderung ditumbuhi dengan vegetasi berupa alang-alang, tumbuhan palawija yang merupakan pertanian penduduk setempat, serta tumbuhan hutan. Karena kemiringan lereng yang cenderung cukup terjal, kondisi batuan yang ditemukan ada yang masih utuh dan ada pula yang sudah mengalami pelapukan.

1.5  Waktu Pemetaan Dan Kesampaian Daerah
kegiatan ini berlangsung pada tanggal 16 Desember – 20 Desember 2016.  Lokasi kegiatan lapangan Uji Kompetensi ini terletak di Desa Wadowetan dan sekitarnya, Kecamatan Bantarujeg, Kabupaten Majalengka, Propinsi Jawa Barat. Secara regional posisi geografis daerah terletak pada koordinat antara 108°14ʹ52.17ʺ – 108°15ʹ57.77ʺ BT  dan -6°58ʹ50.9ʺ– -6°57ʹ 45.01ʺ  LS. Untuk menuju daerah tersebut kami menggunakan alat transportasi berupa Bus, dengan menempuh perjalan ± selama 8 jam dari kota Garut, ke arah Limbangan, Sumedang kemudian menuju Kabupaten Majalengka. 
Hari pertama kegiatan yaitu pada tanggal 17 Desember 2016 dengan kegiatan pengambilan sampel batuan di daerah sungai Cilutung. Pada hari pertama kami mendapat 22 sampel dari  titik stasiun dengan jumlah sampel yang didapat yaitu 22 sampel batuan.
Pada hari kedua yaitu pada tanggal 18 Desember 2016 dengan kegiatan pengambilan data untuk peta lintasan di daerah sungai Cilutung dan mengambil sample sebanyak 17 sample dari 17 titik.
Dan pada hari ketiga yaitu pada tanggal 19 Desember 2016 dengan kegiatan pengambialn sampel batuan didaerah sungai cilutung dan mendapat sampel dari 3 titik stasiun dengan jumlah sampel yang didapat yaitu 3 sampel.
\

Berlanjut ke bagian Kedua

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.