Header Ads

Makalah Tentang Aqidah Islam Word Ppt Download (Bagian 1)



Assalamualaikum Wr Wb,  kali ini saya akan sedikit membahas tentang aqidah dalam bentuk materi makalah dan power poinnya yang bisa di download lewat Google Drive nah ini merupakan tugas kuliah saya saat semester 1  mata kuliah Pendidikan Agama Islam, langsung saja tanpa basa basi lagi berikut materinya dari mulai Bab 1 bab 2 sampai bab 3 atau kesimpulan mungkin akan di buat 3 halaman  untuk pembahasan pertama adalah Tentang PENDAHULUAN COVER DAN LAIN LAIN



MAKALAH AKIDAH ISLAM

dibuat dalam rangka melaksankan tugas mata kuliah pendidikan agama islam

 





 

DISUSUN OLEH:

FADLI HAMDAN ADANI

2402311***

KELVIN NUGRAHA

240231****

TATA ZULFIKAR RAMDAN

240231****

 

 

 

 

FAKULTAS EKONOMI

PROGRAM MANAJEMEN S1

UNIGA 2019


 

KATA PENGANTAR

 

Syukur Alhamdulillah atas segala limpah karunia Allah SWT. Atas isin-Nya lah kami dapat menyelesaikan makalah ini tepat waktu, Tak lupa pula kami kirimkan shalwat serta salam kepada jungjunan Nabi Besar Muhammad SAW. Beserta keluarganya , para sahabatnya, dan seluruh ummatnya yang senatiasa istiqomah hingga akhir zaman.

Dalam makalah ini, kami menguraikan mengenai pengertian akidah islam atau yang lebih khususnya membahas pengertian aqidah islam,ruang lingkup pembahasan aqidah ,kemahaesaan allah dan lain-lain. Diharapkan Makalah ini dapat memberikan informasi kepada kita semua tentang  AQIDAH ISLAM

 

Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.

 

Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita.

Amin.

 

 

 

 

 

Garut, 6 Oktober 2019

 

Penyusun

DAFTAR ISI

 

 

KATA PENGANTAR.. ii

DAFTAR ISI. iii

BAB 1. 1

PENDAHULUAN.. 1

1.1.       Latar Belakang. 1

1.2.       Rumusan Masalah. 1

1.3.       Tujuan Pembahasan. 2

BAB 2. 3

PEMBAHASAN.. 3

2.1         Pengertian Aqidah. 3

2.2         Macam-macam sumber Aqidah. 5

2.3         Fungsi dan Peranan Aqidah. 11

2.4         Tingkatan Aqidah. 12

2.5         Keesaan Allah. 13

2.6         Malaikat dan Makhluk Ghaib Lainnya. 14

2.7         Alquran dan Kitab Suci Lainnya. 15

2.8         Tugas Rasul dan Muhammad. 16

2.9         Hukum Alam dan Hari Kiamat. 17

2.10      Qadha dan Qadar. 18

2.11      Keterkaitan iman kepada Allah dan Rasul dalam syahdat. 19

BAB 3. 23

KESIMPULAN.. 23

DAFTAR PUSTAKA.. 24


BAB 1

 PENDAHULUAN

1.1.  Latar Belakang

Segala puji bagi Allah yang maha Esa karena rahmat dan karunia-Nya telah memberikan petunjuk agama yang lurus kepada hamba-Nya. Shalawat serta salam semoga tercurahkan kepada nabi Muhammad SAW yang membimbing umat-Nya dengan suri tauladan-Nya yang baik. Dan segala Syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan anugrah, kesempatan dan pemikiran kepada kami untuk dapat menyelesaikan makalah ini. Kami penyusun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu proses pembuatan makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua.

Banyaknya paham-paham asing di seluruh lapisan masyarakat umum, termasuk banyaknya jaringan teroris yang berkembang di sekitar kita terjadi karena kurangnya pemahaman para generasi penerus bangsa mengenai Aqidah. Maka dari itu, kami menyusun makalah ini dengan harapan agar para pembaca dapat lebih memahami tentang apa pengertian Aqidah baik secara bahasa maupun istilah, darimana saja sumber-sumber Aqidah tersebut diperoleh, dan apa saja fungsi dari Aqidah sesuai dengan ajaran Islam, sehingga tidak terjadi hal-hal yang menyimpang beratasnamakan Aqidah Islam.

Aqidah adalah pokok-pokok keimanan yang telah ditetapkan oleh Allah, dan kita sebagai manusia wajib meyakininya sehingga kita layak disebut sebagai orang yang beriman (mu’min). Makalah ini merupakan pengetahuan tentang konsep aqidah dalam islam, semua ini di rangkup dalam makalah ini , agar pemahaman terhadap permasalahan lebih mudah di pahami dan lebih singkat dan akurat. Makalah ini menampilkan beberapa bahasan yang bisa membantu siapa saja yang ingin memahami aqidah

.

1.2.  Rumusan Masalah

 

1.      Pengertian Aqidah Islam ?

2.      Apa saja sumber – sumber Aqidah ?

3.      Apa fungsi dan Peranan Aqidah ?

4.      Apa saja tingkatan Aqidah ?

 

1.3.  Tujuan Pembahasan

 

1.      Ingin memahami pengertian dari Aqidah dengan tepat dan benar.

2.      Ingin memahami berbagai sumber-sumber Aqidah yang sudah pasti kebenarannya

3.      Ingin memahami apa saja fungsi dari Aqidah.

4.    Ingin memahami tingkatan Aqidah 



Munkin untuk postingan kali ini dicukupkan sekian bos ku sampai bab 1 dulu cek bagian keduanya 

DISINI 

sekian dulu untuk postingan kali ini terima kasih banyak 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.